Friday, November 28, 2014

Belanja Online Aman

DI posting kali ini gue mau bagi pengalaman gue belanja online, heeeee
Setidaknya gue pertama kali belanja online itu tahun 2009, waktu itu gw beli alat bekam yang diiklanin sama seller dari Jogja. Waktu itu belum ada yang namanya BukaLapak, Lazada, Zalora, dan lainnya. Waktu itu sistem nya masih 100% kepercayaan, Pembeli transfer uang baru barangnya dikirim. Dan.. itu barang beneran sampe ke gue.. Sejak itu gue semakin sering belanja online, kenapa?
  • Gue bisa beli barang yang susah didapat di toko dekat rumah kosan, apalagi gue dulu tinggal di Cikarang, kemana-mana tanggung…
  • Gue ga terlalu suka yang namanya tawar-menawar
  • BIsa cari pembanding harga dari toko online yang lain
Apalagi pas udah punya kartu kredit, semuanya jadi lebih mudah. Bahkan gue bisa beli elektronik dengan cara dicicil tanpa bunga, termasuk beli tiket pesawat. Hhaaa
Selama ini gue belum pernah (semoga nggak) alami yang namanya tertipu saat belanja online. Gue mau bagi pengalaman gue belanja di beberapa toko online, check this out:



  • www.indoislamicstore.com, situs yang satu ini jualannya khusus herbal, madu, buku islami, dan sejenisnya. Ini salah satu toko herbal online kepercayaan gue, cara belanjanya gampang, tinggal pilih barang, transfer, konfirmasi transfer, dan tinggal tunggu barangnya sampe di kantor. O iya, gue juga pernah jadi agen dropship di situs ini, lumayan komisinya. Toko fisiknya sendiri ada di daerah Bintara, Bekasi.
  • www.bukalapak.com, jadi situs ini sebenarnya gak jualan. Bukalapak aslinya menjadi tempat ketemu penjual dan pembeli. Jadi penjual bakal pasang ilan di situs ini, dan kita tinggal cari barang yang kita mau beli. Dan asyiknya pembayarannya bukan ke rekening pribadi penjualnya, tapi ke rekeningnya bukalapak. Pembayaran kita hanya akan diterima sama penjualnya setelah kita mengkonfirmasi kalo kita sudah menerima barang yang kita pesan. Aman brooo..
  • www.butikdokumsel.com. Kalo disini gue beli jam tangan Casio, di situs ini doang gue bisa nyicil jam tangan sampe 12 bulan . Hhhhahaaaa. Tokonya sendiri ada di Bandung, tapi daripada gue harus ke Bandung, ongkos bus pp aja sudah Rp 96.000 (dari Bekasi, setelah Premium naik 2 ribu), mending gue online, Jam nya ga usah khawatir rusak ato pecah, soalnya dikirimnya pake packing kayu JNE.
  • www.tiket.com, ini situs andalan gue kalo mau beli tiket pesawat, kereta, dan booking hotel. Harganya juga sama kalau pesan di situs resmi maskapainya langsung, bahkan bisa dapat diskon kalo pake kartu kredit tertentu, dan yang penting gue bisa langsung membandingkan harga maskapai dalam satu layar, dan CS nya juga sangat membantu dah kalo ada masalah waktu memesan. Gue juga pernah booking hotel di Singapore sama di Malaysia lewat situs ini. Pernah juga pesan tiket kereta. Jadi setelah pesan tiket semua rincian, termasuk code booking, kode voucher hotel akan dikirim ke email yang sudah kita daftarkan. Satu lagi, kalo beli tiket kereta disini, bisa pilih kursi, pilihan yang gue gak ketemu setelah padahal gue udah cari di situs resminya KAI (gue doang yang gak nemu kali ya)..
  • www.lazada.co.id, hmmm sudah banyak kali gue beli barang disini. yang gue suka adalah tampilan situsnya yang sederhana, tidak telalu rame, clean deh pokoknya. Pembayarannya pun bisa transfer atau kartu kredit. Gue pernah pesan TV, HP, Headset, Tas, Sepatu, Speaker,  bahkan teman gue sampe pesan sepeda. Yang gue suka ga ada minimum payment, dan ada fasilitas pengiriman gratis, nahhhh dari pada gue ke Jakarta belum macet, panas, mending gue klak klik dikit tinggal tunggu ada telepon dari security buat ambil paket. Hhaaa. Dan satu lagi Motorola milih situs ini sebagai partner resmi satu-satunya di Indonesia buat jualan Moto G legendarisnya, gue jadi ingat pas harus ngantri beli  Moto G gue di lazada.
  • www.zalora.com, kalo dari sepintas situsnya gue yakin kalo zalora dan lazada itu satu keluarga. Kalo zalora lebih fokus ke jualan produk fashion. Gue disini pernah beli sepatu, baju, celana, dan gue puas….

Pertanyaanya, kalo semua ke toko online bagaimana tuh pedagang offline? yah, semua sudah ada pangsa pasarnya masing-masing, ini juga bisa menjadi inspirasi buat pedangang offline biar semakin kreatif dalam berdagang.  Belanja Online Aman, Gak Ribet.


No comments:

Post a Comment