Tuesday, December 10, 2013

Backpacker Singapore Malaysia budget 2 juta (part 1)

Niat nyalain laptop buat beresin skripsi,, eh,,, kemasukan setan malas.. hhe
Jadinya buat review backpackeran spore malay kemaren ah..
So, dengan modal nekat saya dan tyo melenggang jauuh ke Singapura dan Malaysia selama 4d 3n, 23-26 November kemarin. Total duit keluar termasuk tiket, penginapan, tax, sama makan habis 2 juta. Yuhuuuu. 
Awalnya tanggal 13 Nov Tyo sms, katanya ada promo tiket JKT-Spore 99rb naik Tiger Airways dari www.tiket.com. Langsung dengan semangat 45 gue sambut (teringat salah satu target 2013 ini yang belum tercapai) :-p. Dan Rupanya Tyo juga semangatnya membara, malamnya setelah pesan tiket JKT_Spore itu, dia langsung maen ke kosan gue yang di Bekasi, dia dari Cikarang, hhee. Setelah di cek harga tiket balik ke JKt dari Spore Muahaal, sekitar 750 ribu seorang, akhirnya diputusin buat lanjut jalan ke Kuala Lumpur dan balik dari sana, konsekuensinya ya harus nambah Cuti 2 hari.
Dengan tekad bulat, semua rencana perjalanan diatur dari sini. Mulai dari tiket pesawat JKT-Spore, Tiket Kereta Johor Baru-Kuala Lumpur, Booking Hotel di Singapura dan Kuala Lumpur, dan Tiket KL-JKT semuanya dibook dari sini. Maka kembali gw rasakan gunanya punya kartu kredit., heee.
Berikut catatan Perjalanan gue dan Tyo.
22 nov 2013
H-1. Malamnya gue ga nyenyak tidur..Lebay?? Ya!, bodo amat!!! Malamnya gue cek satu per satu bekal backpacker perdana gue .
1. Paspor
2. KTP, Kartu kredit, Kartu ATM (yang sisa saldonya Rp 8.000,-),
3. Semua Tiket pesawat, kereta, voucher hotel,
4. Buku sakti gue “Panduan jalan hemat ke Singapura”
5. Handphone (yang ga bisa berbuat banyak di Singapore gara-gara roaming) + Charger
6. Celana Jeans panjang 2.
7. Baju Oblong 3pcs
8. Sandal
9. Jaket 2pcs
10. Topi
11. Obat Maag, Obat Sakit Kepala, Obat Mencret
12. Kamera + Charger + Tripod Mini
13. Pulpen
14. Buku Catatan
15. Kaos Kaki Cadangan
16. Handuk Kecil
17.
23 Nov 2013.
Hari H keberangkatan.
Sampe hari H keberangkatan, sebenarnya gue masih rada takut. Bener gak sih ini? Jangan-jangan ini tiket gak bisa dipake lagi? Jangan-jangan ada biaya tambahan ntar? Ya maklumla gue masih rada sangsi, ini tiket pesawat berdua ke singapore totalnya 200ribu, tapi karena bayarnya pake cc Bank Meg* nya Tyo, dapat diskon 30 rb. Total bayar 170rb. Jadi seorang 85 ribu.. Come On, seumur-umur gw bolak-balik naik pesawat di Indo gak pernah tuh dapat tiket pesawat semurah ini, rute internasional pula.. 85 ribu itu ongkos Cuma cukup buat gue dulu naik bus dari Bekasi ke Jogja akhir 2012…. Haaaaa
06.30. Naik Bus Damri Bandara dari terminal Kayuringin. Pagi amat ya, padahal check in buka jam 10.25. Maklum, baru pengalaman pertama keberangkatan internasional gitu loo.. wkwkwk
08.00. Sampe Terminal 3 Bandara, dan salah! Lagian sudah tau di tiket tertulis berangkat dari terminal 2, masih turun di terminal 3!! Langsung naik shuttle bus gratis ke Terminal 2. Ketemu sama Tyo yang bawaannya segede gaban… hhhaaaa.
09.25. Check In. Bayar Pajak Bandara 150.000 seorang (hampir 2 kali lipat harga tiket)
Cek Imigrasi, Nah disini Cuma diperiksa paspornya doang, ga ada form yang harus diisi untuk WNI, pertanyaan juga ga ada tuh. Plok, Passpor distempel. Setelah itu ngacir ke ruang Tunggu, Sebelum masuk ruang tunggu, semua minuman Tyo diambilin, sama vaselin yang bru dia beli juga.. hhhee Kasian.
Jadi, untuk penerbangan internasional ada aturan kalau penumpang tidak boleh membawa benda cair dan aerosol ke dalam kabin pesawat lebih dari 1 Liter kalo gak salah. Kalau bawa pun, itu kemasannya harus max 100 mL per item dan dimasukkan ke dalam plastik transparan yang bisa di seal ulang (penutupnya pake zip kayak kalo kita beli obat di apotek itu).

10.00. Masuk ruang Tunggu D4.
IMG_2300 IMG_2302 IMG_2306
Biasa Narsis dulu. Dan herannya, selama di ruang tunggu ini, gue kebelet kencing sampe 4 kali., sampe bapak-bapak petugas toiletnya herman-herman liat gue bolak-balik.
Didepan gue ma tyo duduk group wisatawan juga kayaknya, dan gue yakin meraka orang Thailand,. Yang ceweknya itu bro… cantik, putih, langsing, pake hot pants pula… aduuuuuhhhh indahnyo….
12.15. Setelah delay 30 menit, akhirnya boarding . Masuk pesawat Tiger Air pertama kali, dan wow bagus… Gak seperti maskapai LCC (katanya…)Indonesia yang logonya singa warna merah yang tempat duduknya gak lebih nyaman dari kursi damri bandara.. upsss..
Untuk pertama kalinya gue naik pesawat disapa sama pramugari dengan ucapan “Good Evening Sir”, “what is your seat number Sir?”, wow.. dengan PEDE gue jawab “twenty two”…. Wua artinya gue gak salah naik pesawat.. hhee/
12.30. Take Off.
` Sepanjang perjalanan pesawat menyisir pantai timur Sumatera, wow lagi… Garis Pantainya sama kayak di peta, hhee, dan dari jauh juga gue melihat satu gunung di tengah laut yang gue percayai sebagai Gunung Krakatau.
Sepanjang jalan Tyo tidur… sama kayak gue dia juga gak bisa tidur nyenyak malamnya … jiaa…
Sepanjang penerbangan, pengumuman dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Melayu, jadi ingat Malaysia.
Pelajaran pertama, kalau mau masuk singapore itu harus isi form kedatangan, di pesawat juga sudah dibagiin biar gak usah isi lagi pas di bandara. Dan bodohnya gue, gue sok nolak itu form pas dibagiin sama pramugarinya, gue kirain itu form pengajuan bikin kartu kredit ANZ. Hee, jadi sebelum itu kartu dibagi, ada pengumuman tuh bagi penumpang yang berminat bikin kartu kredit ANZ, ada formulirnya di….. (gue gak ngeh dia ngomong apa, bahasa inggrisnya logat2 china melayu aneh gitu). Jadi gue kirain formulir yang dibagi itu buat bikin kartu kredit, dah dengan PEDE gw nolak waktu pramugari nawarin. Sadar-sadar pas gue liat orang di depan kursi gue, waduh itu formulir kedatangan ternyata, dan gue minta juga pas ada pramugaranya lewat (kalo sama mbak pramugarinya malu.. :-p)
IMG_2313
Mendekati waktu mendarat terlihatlah pulau pulau kecil yang gue percaya sebagai kepulauan Riau, dan Pulau Batam. Yang menarik adalah menyaksikan pemandangan kontras dari atas, kepulauan Indonesia yang kalau nggak ketutup hutan, gak ada penghuni, atau gersang sekalian, trus pesawat belok ke kanan sedikit dan Jeng Jeng, Amazing bergantilah pemandangan tadi dengan pemandangan gedung-gedung tinggi berwarna putih, rapih, That’s SINGAPORE.
IMG_2314 IMG_2317
14.30. Touch Down Changi Int’l Airport.
IMG_2322
Penerbangan sebenarnya Cuma 1 jam, Cuma karena waktu di Singapore yang lebih cepat 1 jam, jadinya mendarat jam 14.30 Waktu Singapore. Sesuaikan jam, biar gak ketinggalan kereta di Singapore.
















































5 comments:

  1. Jadi inget pas pertama ke singapore & malaysia nih.. Perasaan campur aduk, seruu.. Gara2 baca ini jadi pengen cepet2 jalan lagi mas.. Kangen berpetualang.. Hehe

    Ebook Kuala Lumpur Travel Guide Gratis (http://ranseltravel.com/kuala-lumpur-travel-guide/ )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo gan.... Pengen jalan lagi ane.. kalo ada trip ajak ya gan..

      Delete
  2. Mau dong di ajak bacpacker hihiii

    ReplyDelete
  3. Nice post! Memang cara berlibur ke luar negeri dengan cara backpacker hemat bgt. Sy baru kemarin backpacker ke Singapura dan Malaysia ga habis lebih dari Rp 700.000 hehehe bisa dibaca di blog saya ceritanya http://www.irhamfaridh.com/2015/05/backpacking-around-singapore-and-kuala.html :D

    ReplyDelete
  4. Gan, nyari tiket promo dimana sih untuk thun depan, perasaan susah amir? Ane jg pengen ke singapore....

    ReplyDelete