Wednesday, January 1, 2014

Backpacker Singapore Malaysia budget 2 juta (part 3)

Day 2. Minggu 24 November 2013.
Setelah beristirahat semalam, pas malamnya beli paket wifi 2 jam seharga 5 SGD, lumayan buat bikin timeline di facebook. Dan satu lagi, sebenarnya HP gak gue matiin, tetap dinyalalin, jadinya roaming, dari Tsel ke Singtel, dan Pulsa gue yang Rp 25.000 langsung abis karena ada sms masuk dari Wendry dan ada yang telpon masuk … hhhaaa gue yakin pulsa mereka berdua langsung abis… hhheee
jam 09.00 gue ma tyo dah siap-siap packing, sekalian buat check out. Rencananya kita gak balik lagi ke hotel, puasin jalan di Spore trus malamnya langsung menuju Johor Baru. Hari ini rencannya kita jalan ke Bugis buat beli oleh-oleh (tyo doang, gue udah gak tertarik beli oleh-oleh di Spore), sekalian nukar duit lagi di money changernya. Kami tiba di bugis Street pukul 09.30, dan ternyata jam segitu pedagang belum pada buka. Ya udah sambil nunggu pedagang sama money changernya buka, kita berdua jalan di sekitaran bugis, ketemulah semacam chinatown gitu, dari penjual herbal, tukang ramal, sampe yang pada mau ibadah di klenteng, wuihhh aroma dupanya itu,.. asyekkk… Sebenarnya udah mau sarapan di foodcourt situ, tapi berhubung yang jualan semuanya menu-menu pork, ya hilanglah lapar gue.
IMG_2371 IMG_2373
Menunggu, sambil menikmati suasana sekitaran bugis street sampe jam 11 (sebenarnya mau ke kampung arab buat sarapan, cuma gak tau arahnya). Setelah lapak-lapak buka, mulailah tyo berbelanja ria, gue cukup minum jus aja buat ngilangin haus. O iya, kan sebelum pada buka tuh lapak, gue ma tyo nyari-nyari money changer lain yang kali buka, nah, di tengah lorong lapak yang masih tutup kita papasan sama dua cewek, sebelum papasan gue denger bahasa mereka kayak bahasa thailand, pas papasan ehh… ternyata ngomong jowo, .. langsung dah disamperin sama tyo nanyain money changer. Selama di bugis juga gue sering denger sahutan-sahutan “ e kadiye’… “ hha bener-bener serasa di tanah abang broo,,..

IMG_2389IMG_2378IMG_2379IMG_2380
Dari Bugis Kami cari sarapan di Bugis Junction, pertama nanyain ke mbak-mbak yang julan semacam mie, pas gue nanya “Any pork in this?” dia langsung jawab “this is non halal lah..” Hhhe akhirnya ketemu penjual yang tulisannya “Masakan Padang”, Jadilah gue mesan paket Mie rebus, dan Tyo mesen mie campur sari apalah itu masing-masing seharga 5 SGD, udah termasuk kopi susu. Dan itu gak ada yang habis, selapar-laparnya gue, itu masakan, gue gak bisa makan banyak, liat aja tuh, kuahnya kental, rasanya manis, asin, hambar.. wuaaaaaaaaaaaaahhh..
IMG_2391 IMG_2392 IMG_2394 IMG_2399
Sarapan udah, perjalanan kami lanjutkan ke Merlion Park lagi, jadi mau ambil foto lagi disana pas siangnya.. hhaa. Puas foto-foto disana, perjalanan lanjut ke marina barrage, mengikuti petunjuk di buku. Turun di stasiun Marina bay, dilanjut naik bus ke marina barrage. Jadi Marina Barrage itu adalah bendungan yang dibuat berdasarkan visi dari perdana menteri Singapore tahun 60 an, dan baru selesai dibanguntahun 2000an> Marina Barrage ini adalah bendungan yang dibangun untuk menjaga agar daratan Singapore aman dari Banjir Rob (Air Laut), Banjir dari hujan di darat, Sebagai sumber air bersih, sekaligus dijadikan sebagai objek wisata,.. ckckckkc konsepnya.. Dan iseng mampir ke toiletnya, hhe toiletnyua ga pake air .. jadinya gue batal ninggalin jejak..
IMG_2429 IMG_2436 IMG_2439 IMG_2446 IMG_2422 IMG_2426
Dari Marina Barrage, menembus hujan gerimis langsung ke mall vivo city. Dari vivo city di lantai 3, naik monorel ke Sentosa Island, tiketnya pp seharga 2 SGD per orang. Sebenarnya bisa jalan kaki, cuma.. jauhnya, belum lagi bawaan segede gaban, panas… hhhaa.. Yeah we are backpacker and in my opinion backpacker is not only about minimize expense, but optimize the joy too… Di Pulau Sentosa ini tujuan utama kami cuma satu FOTO DEPAN BOLA DUNIA GEDE WARNA BIRU DEPAN UNIVERSAL STUDIO. Harga minuman di 7eleven Sentosa muahal, masak Aqua ukuran 360 mL kalo dirupiahin Rp. 20.000 lebih..
IMG_2477 IMG_2485 IMG_2489 IMG_2491 IMG_2502 IMG_1044
Dari Sentosa Island, kita balik Naik MRT lagi ke Orchard Road, ya nggak sah aje ke Spore kalo belum ke Orchard Road ini. Dan ini juga salah satu misi gue, gue ingat banget waktu kecil dulu pas emak balik dari Singapore, dia bawa oleh-oleh ada tulisan Orchard Rd., dari situ gue udah bercita-cita, kalo gue juga harus ke Orchard Rd ini, dan Alhamdulillah terwujud.

IMG_1046IMG_2525 IMG_2527
Jam 18.30, kami langsung menuju stasiun Woodland. Dari Orchard lumayan jauh. Di Stasiun ini kami balikin kartu STP nya, dan dapat kembalian deposit 10 SGD perkartu. Sama Ibu officernya kami diberitahu tempat ngambil bus buat ke johor baru, itu berada di lantai bawah naik bus nomor 950 di Berth 14. Harga tiketnya 1.90 SGD perorang. Habis bayar ke supir ntar dikasih tiket, tiket ini disimpan, soalnya ntar bakal diminta lagi setelah pemeriksaan di Imigrasi Singapore. Pas menunggu bus inilah kami berkenalan dengan Pak Cik yang juga mau ke Johor bareng Keluarganya, Kak ZAinab, 2 anak kecil, sama 1 mbak dari Sumatra, mereka semua orang Melayu WN Singapore, kecuali Mabk yang dari Indonesia itu. Merekalah yang baik hati menunjukkan arah bagi kami, mulai dari turun bus di Imigrasi Singapore, trus naik bus lagi melintasi jembatan Causeway, sampai ke pemeriksaan di imigrasi Johor Baru. WELCOME TO MALAYSIA. Di Johor Baru Kak Zainab yang baik hati ini juga membatu kami membeli SIM Card Maxis (perdana harganya 10 RM, sudah termasuk pulsa 3 RM, dan Gratis Internet 3 hari). Thanks a lot Kak Zainab. Nah karena sudah sampai di Malaysia, maka perkataan kami pun harus dijaga, ada kata-kata yang dalam bahasa Indonesia biasa diucapkan, tapi di Malaysia menjadi kata yang jorok. Kata-kata itu antara lain :
Punggung, kalo di malaysia berarti pantat. Solusinya Ganti dengan kata belakang.
Butuh, di Malaysia semacam kata cabul gitu,…….. ganti dengan kata perlu.
Gampang, di Malaysia artinya anak haram,……… ganti dengan kata mudah.
Yah, jadi selama di Malaysia gue ngomong Inggris kebanyakan, takut ada saleh-saleh kate, lagian hampir semua orang malaysia bisa bahasa Inggris.
Di johor baru kami makan malam di KFC, ya cuma KFC memang jadi andalan kalo udah bingung mau makan apa, soalnya rasanya pas. Di KFC Johor Baru ini, dan di semua KFC di Malaysia, Setiap paket itu ayamnya dua. Di Johor gak pake nasi, adanya kentang. Satu paket KFC, ayam 2pcs, Soft Drink medium, salad, kentang rebus 1 biji, harganya sekitar 12 RM. Habis makan sempat jalan ke Mall yang terhubung dengan Jembatan, just liat-liat. Sambil nunggu kereta Senandung Sutera yang akan membawa kami ke Kuala Lumpur, kami menikmati kursi pijat di dekat ruang tunggu, tarifnya 5 RM untuk 15 menit, lumayan menghilangkan pegal di sekujur tubuh.
Tepat tengah malam, kereta sudah siap, berbekal e-ticket printout dari Indonesia kami masuk di gerbong/coach M1. Ya tiket ini sudah gue pesan dari Indonesia, tinggal masuk ke situs KTMB (Kereta Tanah Melayu Berhad), bayarnya pakai VISA. Harga untuk kelas superior 33 RM/orang. Kelas Superior itu duduk pake AC, seat 2-2. Sebenarnya mau ambil kelas yang pakai tempat tidur, cuma sudah penuh semua. Kelas yang pakai tempat tidur ini cuma 40an RM. Perjalanan ditempuh selama +/- 7 jam. Sepanjang jalan gue ga bisa tidur nyenyak, ACnya dingin banget.
IMG_2538 IMG_2542  IMG_2546 IMG_2556
Day 3. Hari senin 25 nov 2013
Jam 7 pagi, kami sampai di Stasiun Sentral KL. Dari sini kami langsung membeli tiket bus ke Genting HighLand pp seharga 20.2 RM/ orang. itu sudah termasuk Bus pp ke genting sama naik Cable Car.  Sambil menunggu jadwal bus, kami nyari sarapan di sekitaran KL Sentral, ketemulah warung india yang jualan Nasi Lemak. Perkiraan gue nasi lemak tuh rasanya bakal sama sama nasi uduk di Indo, ternyata rasanya gak enak, hambar, mie gorengnya pun sama… harga Nasi lemak 2, mie goreng 1, sama kppi susu 2, cuma 6RM. Murah memang, cuma rasanya gak masuk. O iya di Malaysia kalo pesan teh atau kopi yang datang bakal teh susu sama kopi susu. Kalo mau Teh atau kopi doang, pesannya Teh O, atau Kopi O. Gitu Bro… Jam 11 naik bus menuju genting, yang gak menyenangkan adalah double seat di dalam bus, gue gak tahan malunya doang pas ditegur sama orang yang bangkunya gue tempatin, gara-garanya bangku gue ma tyo udah ditempatin dan gue kira duduknya ngasal aja. Sial!!!!!!!!!!!!!!
IMG_2569  IMG_2572
Dari Genting balik lagi ke KL Sentral, naik MRT menuju Bukit Bintang tempat hostel yang yang sudah dipesan di tiket.com namanya Check Mate Guest house. Kamarnya Queen Size Bed for 2 max, AC, Bathroom, Wifi, Breakfast, Tarifnya Rp. 250.000,-/malam. Dari penginapan, langsung cari makan, tidur. Malamnya jalan kaki ke Twin Tower.
IMG_2632 IMG_2623 IMG_2625 IMG_2645

Day 4. 26 NOvember 2013.
Gerimis di Bukit Bintang menambah nikmatnya tidur. Paginya jam 10an, menuju KL Sentral lagi, ketemu Bu Syadza Firdausiah, teman SMAK gue yang dapat beasiswa S2 di UKM, dia juga baru 3 bulan di Malaysia. Makan di food court KL sentral, trus gue ma Tyo jalan ke Petaling Street, belanja souvenir seadanya. Dari Petalin Street mutar-mutar naik Monorel, akhirnya balik lagi ke KL Sentral. Dari KL Sentral naik BUs tujuan Bandara LCCT. Tiketnya seharga 10 RM/orang. Sepanjang perjalanan gue tidur,… Sampe LCCT belanja di dikit sambil nukarin duit dollar dan Rp 100.000 sekedar buat makan di KFC (ga ada yang nerima kartu kredit). Setelah makan langsung menuju ruang tunggu. Gak check in lagi, soalnya ga ada bagasi dan cetak boarding pass sendiri dari QR code,. hmm efisien banget emang Air Asia. Lewat Imigrasi, plok paspor distempel, masuk ruang tunggu. Berjalan ke pesawat, terbang 2 jam. dan…. Sampailah di Terminal 3 Soekarno Hatta Int’l Airport. Welcome Home. 4 hari untuk selamanya.
IMG_2676 IMG_0337
Thanks God. Thanks Tyo for made this happened, thanks Teteh dan Aa’ from Bogor for the direction in our 1st time using MRT, for Uncle and Kak Zainab for your kindness when we passed the border.
Masih banyak belahan bumi yang menunggu untuk dijelajahi….

Total Cost :
Tiket JKT-SPore           : IDR 85.000
Airport Tax Soetta         : IDR 150.000
Hotel Spore                  : IDR  560.000 (dibagi berdua)
Beli STP                       : 16 SGD
Monorel ke Sentosa      : 2 SGD
Bus Ke Johor Baru        : 2 SGD
Makan Minum di Spore :15 SGD
Kereta Johor-KL           : 33 MYR
Bus Genting Highland     :  20.2 RM
Naik Monorel                :  6 RM
Penginapan KL              :  IDR 250.000 (dibagi berdua)
Makan Minum KL         : sekitar 60 RM
Kartu perdana Maxis     : 10 RM
Tiket KL-JKT               : 122 RM

1. Mas, mau tanya dong. Saya masih bingung nich, kalo beli tiket online di KTMB pilih nya dari Woodland CIQ ke KL Sentral ato JB Sentral ke KL Sentral? Soalnya kalau baca di atas dari MRT woodland naik Bus ke Johor Bahru nya. Berarti baru naik trainnya di Johor Bahru dong.
    Mohon pencerahannya ya. Soalnya Aku udh beli tiket PP Sing-JKT tapi pengen juga ke Malaysia, bingung di pemesanan tiketnya harus pilih dari mana. Sudah buka KTMB buat liat rate harganya tapi susah banget loading nya.

Terima kasih sebelumnya

1. kalau saya kemarin naiknya dari johor baru, jadi pilihnya yang dari JB Sentral - KL Sentral. Tiketnya 33RM, kalau sudah beli online tinggal diprint out tiketnya, langsung naik kereta sesuai tempat duduk aja. Selamat jalan2 ya....