Monday, November 5, 2012

Kursus bahasa arab di Bekasi

Tekad sudah bulat untuk mulai belajar bahasa baru, Bahasa Arab. Akhirnya saya pun mencari informasi tempat untuk kursus yang berada di sekitar Kota Bekasi. Dari sekian banyak rekomendasi, saya memilih untuk mengunjungi easyarabic yang terletak di ruko niaga kalimas blok C. Selain lokasinya strategis, juga sepertinya lebih profesional. Ya saya murni ingin belajar bahasa arab, tanpa ada embel-embel ideologi, tanpa ada "keharusan untuk beraliran islam yang sama".
Hari sabtu sore saya pun beranjak ke alamat yang dimaksud, disana saya bertemu dengan resepsionis wanita yang berkerudung. Dia menerangkan bahwa ada untuk saya program yang cocok adalah general program. Program ini terdiri dari 4 level. Beginner, Intermediate 1, Intermediate 2, dan Advanced.
Setiap Level diselesaikan dalam 32 kali pertemuan (k.l 3 bulan), 2 kali sepekan (selasa-kamis) atau 1 kali sepekan (sabtu).
Saya pun ditunjukkan modul untuk level beginner, dimodul yang fullcolour itu terlihat didominasi oleh percakapan. Ya, untuk level beginner katanya memang tidak menekankan pada nahwu-shorof (seperti grammar dalam bahasa inggris). Mbaknya pun menjelaskan bahwa jika berhasil mengikuti pelajaran samapi selesai level advance, Insya Alloh bisa sampai pada tahap mampu memehami media berbahasa arab, seperti majalah, buku, televisi, dan radio,,..hmmm inilah yang selama ini saya cari!
Mengenai biaya kursus dipatok Rp 900.000,- per level. Waw lumaya mahal, tetapi jika dapat menunjukkan kartu pelajar atau mahasiswa ada diskon spesial hingga Rp. 200.000,-, untungnya saya juga masih berstatus mahasiswa. Dan masih ada tawaran spesial, jika anda dapat mengajak teman untuk ikut serta dalam kursus, maka akan diberi komisi sebesar Rp.75.000/orang yang berhasil diajak.
Sayangnya pembayarannya harus langsung dilunasi di muka alias tidak bisa dicicil, hhheee
Kesimpulannya, kursus disini sepertinya menarik, karena :
1. Sistemnya mirip seperti kursus bahasa inggris yang sudah umum.
2. Pengajarnya langsung orang arab (native speaker) dari mesir
3. Satu kelas maksimum 10 orang
4. Lokasi strategis
5. Tidak harus  berasal dari aliran tertentu dan terbebas dari "intimidasi" karena berpenampilan layaknya masyarakat umum (jeans lewat mata kaki, kaos oblong, sepatu kets, jenggot ga dipanjangin)... hhhhheeee
6. .... ga tau, cuma pas masuk di tempat kursusnya, rasanya sreg gitu dah...

silakan kunjungi web resminya : www.easy-arabic.com/

5 comments:

  1. kelasnya malam atau siang gan, jam berapa?

    ReplyDelete
  2. kalo nggak salah sore gan, jam 5an... ane belum ikut sih.. hahhaa. datangin aja ke TKPnya...

    ReplyDelete
  3. aku mau nanya dong, non muslim boleh ikut les? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya gak masalah sih ya... Orang judulnya belajar bahasa bukan agama... Hhhee boleh lah itu, soalnya untuk bahasa arab yg tujuannya bisa mengartikan al quran ada kelasnya sendiri... Oiya kalo udah ikut infoin biaya kursus nya ...

      Delete
  4. Duh, di Bekasi Timur ya bro?di bekasi barat tau ga brow?lumayan euy jauh dari rmh.

    ReplyDelete