Sunday, September 30, 2012

Status Akreditasi Teknik Industri President University

Do you know what?

Berdasarkan informasi terakhir yang diperoleh ternyata Jurusan Industrial Engineering President University cuma dapat nilai C, ya benar C setelah dilakukan akreditasi.
Yup, .. mengecewakan yah...
Yeah, my lovely, international standard campus as claimed, hanya dapet C.

So, gue harus bilang wow gitu? maksudnya adalah, apa arti dan pengaruh nilai akreditasi ini?

Ada yang bilang katanya jadi tidak mudah untuk melanjutkan S2 di PTN, ada juga mengkhawatirkan pandangan dunia kerja terhadap lulusan, namun saya belum mencari tahu lebih lanjut mengenai hal ini.

Saya sebagai mahasiswa biasa tidak tahu apa yang menjadi kriteria penilaian assesor dan juga tidak bisa membandingkan sistem pendidikan yang dapat nilai C ini dengan sistem lain yang dijalankan di universitas yang mendapatkan nilai B atau C.

Bagi saya pribadi, selama penilaian ini tidak mempengaruhi masa depan (ciee.. prettt), kesempatan melanjutkan kuliah, kesempatan berkarir, yah gak masalah lah. Selama ini saya senang-senang saja dengan sistem perkuliahan di PU dan menikmati segala dinamikanya, saya juga telah merasakan kuliah di sebuah universitas yang menerima siswa dari negara lain, meskipun saya tidak sepenuhnya merasakannya karena saya kuliah di program ekstensi yang banyak sedikitnya pasti berbeda dengan perkuliahan regular.

Semoga Industrial Engineering PU terus berbenah dan mendapatkan penilaian yang lebih baik pada akreditasi selanjutnya.

Teringat perkataan seorang dosen yang jika ditranslate kurang lebih "bagaimana mungkin kita mengklaim diri sebagai world class university sedangkan di negara sendiri tidak diakui/diakreditasi"

dan juga penuturan dosen lainnya "nggak diakreditasi aja peminatnya sudah melimpah kayak gini..."

Update :
Berikut screenshoot dari BAN PT tertanggal 3 september 2014, dan yang mengesalkan adalah karena sekarang kan musimnya daftar CPNS, dan kebanyakan mensyaratkan minimal akreditasi B. Nah, yang jadi pertanyaan saya, Universitas lain saja bisa dapat B, kok President University hanya dapat C.. Aseeeeeeemmmmmmmmmmm





1 comment:

  1. misi mas,saya mau nanya kebetulan saya ada rencana buat ekstensi juga di PU di prodi teknik elektro,untuk kelas ekstensi durasi kuliah berapa semester ya? apakah benar lebih dari 4 semester? terima kasih

    ReplyDelete