Saturday, April 23, 2011

About OVJ

Kalau ditanya tentang acara hiburan yang paling banyak ditonton dan digemari saat ini, kayaknya jawabannya OVJ alias opera van java ya…

Tapi, hah, kayaknya saya tidak terlalu "suka", atau lebih jujur tidak terlalu bisa menikmati acara yang satu ini.. beda dengan acara SSTI, extravaganza, kanjeng mami, atau bahkan awas ada sule yang justru saya sangat nikmati..

Kenapa?

Hm.. pertama, namanya itu lho.. OPERA VAN JAVA. Oke, jujur gw gak tahu pasti apa arti "van" sesungguhnya… tebakanku itu bahasa belanda ya? Mungkin sama artinya ketika kita mendengan istilah "paris van java" yang artinya (menurutku sih…) "parisnya pulau jawa". Jadi, (sekali lagi menurutku) opera van java adalah "operanya pulau jawa" atau lebih extrim "operanya orang jawa", atau yang lebih lembut "opera yang pemainnya orang dari pulau jawa". Jadinya kesannya gimana ya? Rada-rada ethnictronisme lah (apa lagi itu??). mengingatkan ku pada sebuah istilah yang pernah kubaca " kolonialisme jawa". Hii, tak mau membahas istilah itulah… saya bukan anti sama sama orag jawa ya.. saya malah suka kalau mereka (kenapa saya pakai kata "mereka"???) berbahasa halus, meski kalah halus dari bahasa sunda bandung,.. atau melihat kesederhanaan mereka, meski banyak juga yang sombong bin ankuh bin ajaib. Jelasnya gw menghargai setiap etnic di bumi ini (cieeeeeeee), semua merupakan hasil penciptaan sempurna. Kembali ke OVJ, gara-gara mereka sepertinya hanya terdiri dari 2 suku yang mendiami pulaujawa, gw kadang jadi gak ngerti mereka bilang apa kalau lagi di panggung, kalau keluar istilah jawa ato sundanya? Contoh, berapa penonton non jawa-sunda yang tau arti "mboten", "sieun", dll…. Ya, gw jadinya mesti nanya-nanylah "tadi tuh artinya apa?" orang mau nonton komedi, mau ketawa, ini malah harus kursus bahasa dulu… cpekdeh….

Yang kedua, lawakannya kok sepertinya hanya mengandalkan atraksi jatuh-jatuhan wayangnya….. hah,apaan tuh…. Memancing tawa dengan jatuh-jatuh , ya,,,….. terus terang, gw mah bosen…….


 

Apalagi ya, udahlah… itukan Cuma pendapat ane, buktinya banyak yang suka sekali dengan acara ini, mungkin gw doing yang gak bisa nikmatin.. hehehe


 

 

No comments:

Post a Comment