Monday, October 31, 2011

Ang ciu, nasi goreng, bakmi goreng, dan muslim

Setelah lama ditunggu akhirnya abang penjual nasi dan bakmi goreng Surabaya langgananku buka kembali. Dengan semangat saya dan adnan memesan nasi goreng dan bakmi goreng. Namun tiba-tiba dengan tak sengaja mata saya langsung tertuju pada botol-botol saus yang berderet di gerobak, dan alangkah kagetnya ketika saya mendekat dan membaca salah satu label botol tersebut, “ANG CIU sari tapai”,
Wah… saat itu juga saya teringat artikel yang pernah saya baca beberapa tahun yang lalu tentang keharaman ang ciu. Baru kali ini saya melihat wujud asli ang ciu tersebut dalam hidup saya. Seketika juga kupanggil adnan dan memperlihatkannnya botol tersebut, dia juga tampak kaget dan langsung mengawasi gerak-gerik si abang nasi goreng. Karena penasaran, saya pun langsung googling lewat hp, dan ternyata benar ang ciu tak lain adalah arak merah jika diterjemahkan dalam bahas Indonesia dan memang haram sekaligus najis. Dug..dug.. jadi selama ini ane makan makanan yang dicampur najis dong, minimal dimasak dengan panci yang dipakai juga buat barang najis… huah.. ternyata oh ternyata. Saya dan adnan pun berjanji untuk tidak membeli dari abang itu lagi, tidak terpikirkan saat itu untuk memberi tahu atau sekedar bertanya pada abangnya kenapa pake ang ciu, jangan-jangan ia tidak tahu status haramnya. Padahal oh padahal, abang itu saya tahu muslim, trus pernah juga gerobaknya ditinggal untuk sholat berjamaah….
Dan kejadian yang sama terulang malam ini, kali ini saya sendirian. Setelah berkeliling, pilihan saya jatuh pada warung nasi goreng dan bakmi Surabaya juga, tapi yang jualan lain. Abangnya pake peci, janggutnya dipelihara, celananya diatas mata kaki, istrinya jilbaban rapi dan pake kaos kaki, anaknya dua, satu cowok satu cowok, yang cewek masih kecil pake kerudung juga. Kalo mas adnan manggilnya pak aji. Yah, bagi saya dengan penampilan seperti itu memberikan sedikit jaminan kalo abangnya pasti masak makanan halal dan toyyib. Satu porsi nasi goreng pun ku pesan. Sambil menunggu, saya iseng memperhatikan botol-botol bumbu di gerobang, dan saya terkejut kembali! Ada satu botol yang dilabeli kertas putih dengan tulisan merah ada huruf cinanya dan ada alphabet latin bertuliskan “sari tapai”. Wah… ini mah sama saja dengan ang ciu yang saya lihat kemarin malam. Dengan agak ragu, panik, saya menghampiri si abang dan bertanya,
“Pak itu masakannya pake ang ciu ya?”
“nggak, kenapa mas? Mau pake?” jawab si abang
“nggak..nggak..” jawabku cepat.
Saya pun terdiam, ini abang tau gak ya kalo tuh ang ciu haram????. Akhirnya satu porsi nasi goreng itu kuhabiskan. Saat membayar saya sempatkan bertanya pada istri abangnya
“Bu, maaf boleh nanya gak?”
“iya, kenapa?”
“Bu, itu kok masaknya pake ang ciu ya?”
Si ibu bingung dan menoleh ke suaminya yang sedang menyiapkan nasi goreng dan sempat kulihat menambahkan ang ciu ke masakannya. Suaminya pun jawab
“mas tadi gak dipakein, Cuma pake kecap manis sama kecap asin”
Karena si abang jawabnya agak ketus, saya pun malas bertnya dan ngobrol lagi. Akhirnya dengan pelan kukatakan pada istrinya sambil beranjak pergi
“Bukannya itu haram ya Bu?!”. Saya pun tak tahu lagi apa yang terjadi setelahnya.

No comments:

Post a Comment