Tuesday, December 8, 2009

Belajar... belajar..... Bahasa Arab

Belajar bahasa ,...

Belajar bahasa arab?, mungkin bagi sebagian besar orang, hal ini nggak terlalu penting, atau bahkan dianggap ngaak penting sama sekali!. Pernah ada teman yang comment “ belajar bahasa arab?!, nggak banget dah. Bahasa inggris aja gua belum ngeh, apalagi mau belajar itu. Udah bisa baca Quran aja cukup dah” (meski nggak ngeh arti yang dibacanya, hehehe). Ini adalah satu comment dari teman yang muslim, mungkin comment yang bernada sama juga banayak keluar dari teman yang lain. Keliatan kan kalo bahasa ini masih dianggap nggak penting bagi banyak orang, termasuk yang muslim.
Padahal sadar nggak sadar kan, tiap kali sholat, pake bahasa arab, ngaji, bahasa arab. Sampe kalo mau masuk rumah juga pake bahasa arab “assalamu alaikum...!!!!” ( jadi penasaran, berapa banyak ya yang ngerti arti ucapan salam itu?)
Mungkin kekurangpemahaman banyak kaum muslim terhadap bahasa arab ini bisa jadi salah satu sebab kemunduran kaum muslim. Ya, jadi ingat Syaikh Taqy nulis dalam salah satu kitabnya kalo salah satu penyebab kemunduran kaum muslim adalah karena pemahaman akan bahasa arab yang sangat lemah.
Ya iyalah Bro,.. nggak heran lah kalo masih banyak kaum muslim yang sadar gak sadar terlibat riba, padahal tiap hari baca Quran (yang berbahasa arab)yang didalamnya udah nerangin kalo riba itu Haram, dan banyak contoh pelanggaran lain yang berpangkal pada lemahnya pemahaman terhadap bahasa arab. Ironis ya,...
Nah, oleh karena itu, yuk belajar bahasa arab,... sebenarnya saya sendiri punya cita-cita buat bisa belajar baahsa arab langsung dari timur tengah, alias belajar bahasa arab ke sono, paling nggak ke Mesir lah. Hmmm moga-moga bisa tercapai. Kalau kondisi yang sekarang kurang memungkinkan sepertinya, kuliah dan kerja sudah menyita banyak waktu dan tenaga. Akhirnya ya seperti ini. Mau belajar bahasa arab cuma bisa dari beli buku-buku, cd-cd, buka-buka tutorial dari web, meski hasilnya bisa kupastikan kurang memadai, hehe..
So, ladies and gent's, Here I presented to you some link may help in learn this languange;

http://www.arabion.net/indonesian/lesson5_in.html
www.arabic.web.id

and this is my favourite link, here you can download an english-arabic dictionary, it's so powerfull !!. I found almost all words I want..
amazing!! it's a free version ones, and valid for a year.!!

http://www.verbace.com/


aka_08_12_09

No comments:

Post a Comment